Pada postingan saya kali ini saya akan menjelaskan apa itu prooduk, barang, konsumen, dan pelanggan.
Pertama yaitu produk. Produk adalah barang dan jasa yang di jual belikan antar konsumen dan produsen,
Kedua yaitu barang. Barang dalam bidang ekonomi disebut komoditas yang berarti objek atau jasa yang memiliki nilai didalamnya.
Ketuga ialah konsumen. Konsumen adalah orang yang membeli dan menghabiskan nilai dari barang atau jasa sebagai alat pemuas kebutuhan dan dipakai oleh diri sendiri dan tidak di perjual belikan.
Keempat ialah pelanggan. Pelanggan adalah individu atau kelompok yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen dalam ekonomi. Pengertian pelanggan hampir sama dengan konsumen.


Menurut saya, harga bisa mempengaruhi produsen untuk menciptakan produk karena jika suatu barang di produksi dengan biaya yang murah atau terjangkau untuk produsen, ide-ide produsen akan semakin banyak dan terciptalah produk-produk yang unik dan beragam sehingga disebut barang inovatif. Dengan harga produksi yang rendah maka produsen akan menjual barang hasil produksi tersebut dengan harga yang terjangkau dan konsumen akan tertarik untuk membeli produk. Apalagi barang yang diciptakan unik dan kreatif maka banyak dari konsumen tertarik untuk membeli barang tersebut sehingga terciptalah pelanggan untuk produsen itu sendiri.

Selanjutnya saya akan menjelaskan apa itu pasar. Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Dalam bahasa sederhananya, pasar adalah tempat untuk bertemunya penjual (produsen/distributor) dengan pembeli (konsumen) yang menciptakan terjadinya transaksi jual beli.
Selanjutnya saya akan memberikan contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar. Contoh perusahaan adalah seperti Apple.Inc, Blackberry, Google, Toyota, Uniliver, Ford, dan lainnya. Perusahaan seperti Apple menggunakan orientasi pasar di bidang keamanan komunikasi dan kenyamanan penggunaan barang elektronik. Toyota juga menggunakan orientasi pasar di bidang kendaraan dan kenyamanan penggunaan kendaraan. Untuk jangka pendek, perusahaan akan bisa menguasai bidang-bidang yang dijalani perusahaan dan memperoleh profit dalam perusahaan. Dan untuk jangka panjang, perusahaan akan mendapat kepercayaan dari konsumen dan menciptakan konsumen tetap karna kepercayaan akan konsumen itu sendiri.

Referensi:
www.wikipedia.co.id
http://belajartanpabuku.blogspot.co.id/2013/04/konsep-orientasi-pasar.html
Pemikiran saya sendiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini